Laman

Kamis, 27 September 2012

Perdagangan di Kabupaten Wakatobi

Kegiatan yang dicakup dalam perdagangan meliputi kegiatan membeli dan menjual barang, baik barang baru  maupun bekas, untuk tujuan penyaluran/ pendistribusian tanpa mengubah sifat barang tersebut. Saat ini komoditas perdagangan yang dicakup adalah hasil pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, penggalian, dan industri. Pada tahun 2009, terdapat sekitar 18.881 ton komoditas yang diperdagangkan tercatat. Komoditi yang paling banyak diperdagangkan adalah barang-barang industri. Namun demikian, beberapa komoditas belum tercatat baik seperti peternakan dan kehutanan. Beras adalah hasil pertanian tanaman pangan yang diperdagangkan di Wakatobi. Wakatobi tidak menghasilkan beras, sehingga seluruh kebutuhan beras di Wakatobi di supply dari impor. Total beras masuk tercatat selama tahun 2009 adalah 1.550 ton Sebagai daerah pantai, maka kelapa banyak diusahakan oleh penduduk Wakatobi. Hasil olahan kelapa yakni kopra diekspor ke luar tercatat hingga mencapai 145 ton. Demikian pula untuk hasil perikanan. Dengan pantainya yang kaya akan berbagai jenis ikan, Wakatobi juga banyak melakukan ekspor hasil laut. Tahun 2009, tercatat Wakatobi mengekspor 1.317 ton ikan keluar. 

Wakatobi sebagai daerah otonom baru, melakukan banyak pembangunan jalan. Untuk itu dibutuhkan bahan baku aspal impor. Tahun 2009, tercatat Wakatobi mengimpor 585 ton aspal serta 5.030 ton semen. Selain itu, Wakatobi juga melakukan perdagangan hasil industri baik sebagai distributor maupun sebagai konsumen. Tahun 2009, tercatat Wakatobi mengimpor barang-barang industri sebanyak 16.746 ton. 

 Salah satu Pasar Tradisional yang dibangun oleh Kementrian Koperasi UKM dan Pemda Wakatobi di Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi.

Sarana perekonomian yang tersedia di Kabupaten Wakatobi tahun 2009 terdiri dari kios pertanian, pasar non bangunan, mini market, restoran, toko, warung dan pasar tradisional yang tersebar disemua kecamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar